Cegah Ditutup, Pengguna Google Reader Galang Petisi Online

VIVAnews – Pada 1 Juli 2013, Google berencana menutup salah satu layanannya, Google Reader, aplikasi kumpulan (aggregator) berita berbasis RSS asli buatan Google.

Rencana ini pun menuai reaksi berupa petisi online, yang mendesak Google untuk mengurungkan niatnya mematikan Google Reader. Petisi itu diunggah di situs Change.org, situs Web yang kerap dipakai khalayak untuk menyampaikan petisi dan kampanye online.

Dari sejumlah petisi yang menyuarakan agar Google Reader tetap dipertahankan, salah satu di antaranya cukup mencuat di segi jumlah. Petisi itu bertajuk ‘Google: Keep Google Reader Running’ yang digagas oleh Dan Lewis, salah satu pengguna loyal Reader yang berlokasi di New York, AS.

Mengutip Techday, pada akhir pekan lalu, total tandatangan yang berhasil membubuh petisi tersebut mencapai 100.000 lebih, dengan 400.000 pageview sejak dibuat minggu lalu. Hari ini, jumlahnya lebih dari 124.000, dan terus bertambah.

Petisi ini muncul sebagai upaya para loyalis Reader untuk mengubah pikiran Si Raksasa Internet. Meski terdengar sulit, para penandatangan optimistis rencana pentupan ini bisa kandas dengan petisi.

Konon, Google membutuhkan sejuta tandatangan untuk mempertimbangkan ulang keputusannya menutup Google Reader.

Jika ingin turut serta, Anda bisa menyumbangkan tanda tangan Anda melalui tautan ini.

Sementara menunggu tenggat waktu itu datang, Google mengimbau para pengguna Reader untuk mengekspor data-datanya, termasuk langganan RSS mereka di Reader, dengan menggunakan Google Takeout.

Sebagai alternatif, pengguna bisa menggunakan layanan serupa, seperti Old Reader, Feedly, Newsblur, Reeder, dan Digg. (eh)

View the original article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: