Fitur Foto, Senjata Cyrus ‘Bermain’ Smartphone

VIVAnews – Setelah dikenal sebagai vendor tablet lokal, Cyrus meluncurkan ponsel pintar untuk pertama kalinya.

“Smartphone memang lini produk baru kami. Untuk itu, kami menghadirkan fitur-fitur kelas atas untuk smartphone perdana ini,” papar Budiasto Kusuma, Chief Marketing Officer PT Mitra Komunikasi Nusantara, di sela peluncuran Cyrus Apel, Jakarta, Senin 18 Maret 2013.

“Untuk ponsel pintar, kami fokus pada dua sisi. Dari sisi peranti keras, Cyrus mengandalkan inovasi pada foto dan kamera. Sedangkan di sisi software, vendor lokal itu memfasilitasi layanan cetak foto online dan konten majalah digital,” jelasnya.

Pada ponsel pintar teranyarnya itu, Budi mengatakan, aplikasi Cyrus Photo Print akan menjadi senjata utama didukung dengan peningkatan pada resolusi kamera.

“Pasar saat ini bingung memilih layanan cetak foto terbaik. Nah, karena itu, kami menyediakan aplikasi cetak online, dan hasilnya bisa langsung dikirim ke rumah,” katanya.

Budi memberikan sinyal, aplikasi cetak foto online Cyrus bisa menjadi aplikasi terbuka, artinya bisa dimanfaatkan oleh semua jenis ponsel pintar ke depannya.

“Tiga bulan lagi, aplikasi ini sudah ada di iOS. Tapi, smartphone selain Cyrus harus bayar,” tukasnya.

Aplikasi cetak foto online tersebut hadir untuk menyempurnakan ponsel pintar lain yang tak dilengkapi dengan layanan baru ini. “Banyak ponsel pintar dual core, tapi hasil fotonya masih kurang. Dan. kamera ponsel pintar seharga Rp1,5 juta, banyak yang tidak memuaskan,” tambahnya.

Cyrus Apel

Cyrus Apel dibekali fitur 10 Face Detection, yang memungkinkan secara otomatis mendeteksi 10 wajah dalam sekali pemotretan. Fitur unggulan ini dipadu dengan kamera resolusi 8 MP berkecepatan tinggi yang memaksimalkan fokus objek foto.

Ponsel ini dilengkapi layar sebesar 4,5 inci dengan teknologi IPS (In Plane Switching) dan resolusi HD 720 piksel.

Aplikasi cetak foto ala Cyrus ini berbasis online, memungkinkan pelanggan bisa cetak foto jarak jauh dan langsung dikirimkan ke alamat pengguna. “Ini menjadi pembeda produk Cyrus dengan produk lain,” jelas Budi.

“Teknologi cetak rumahan tak sebagus mini lab profesional. Lab kami menggunakan mesin Fuji Film,” klaim dia.

Di sisi peranti lunak, Cyrus Apel menjalankan sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 dengan dukungan prosesor 1,2 GHz Dual Core ARM Cortex A9 dan RAM 1 GB.

Sedangkan untuk konektivitas data, ponsel pintar lokal ini dilengkapi dual SIM GSM-GSM dengan kecepatan akses HSPA+ mencapai 21 Mbps.

Cyrus Apel dibanderol Rp1,9 juta. Pelanggan akan mendapatkan fasilitas gratis cetak 100 lembar foto 4R kualitas Fuji Image Digital, Game HD Gameloft, unduh delapan lagu orisinal dari Klik Musik, serta voucher majalah digital Indobooks senilai Rp1 juta.

Pelanggan juga akan mendapatkan akses data Telkomsel hingga 800 MB, 210 menit telpon, dan 210 SMS setiap bulan selama enam bulan.

6 Ponsel

Tahun ini, Budi mengatakan, Cyrus akan menggelontorkan enam tipe ponsel pintar baru, Cyrus Apel. Namun, dia mengaku, komposisi untuk ponsel pintar tahun ini masih 20-30 persen.

Dari enam tipe tersebut, dua tipe di antaranya adalah ponsel pintar menengah ke atas, dan empat tipe lainnya menengah ke bawah.

“Strategi masuk dengan dua produk smartphone spesifikasi tinggi adalah untuk ‘mengangkat’ ponsel pintar (tipe) yang lain,” jelasnya

Dengan kehadiran lini smartphone, Cyrus, kata Budi semakin fokus pada perangkat berbasis Android, baik dari sisi jenis perangkat maupun ukuran layar.

View the original article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: