GE dan PLN Kembangkan Energi Listrik dari Kayu

VIVAnews – Perusahaan teknologi General Electric (GE) bersama PLN sedang mengembangkan pilot project tenaga listrik biomassa yang berasal dari potongan kayu dengan teknik gasifikasi.

Biomassa adalah bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintetik, baik berupa produk maupun buangan. Kelebihan dari biomassa adalah sumber energinya yang bisa diperbaharui.

“Bentuk teknologi ini berupa pirolisis, yaitu dekomposisi kimia bahan organik potongan kayu melalui proses pemanasan tanpa oksigen, sehingga akan mengalami pemecahan struktur kimia menjadi gas,” kata Setio Soemartono, Presiden Direktur GE Indonesia, saat berbincang-bincang di kantornya, 20 Maret 2013.

Ia menjelaskan, setelah potongan kayu itu menjadi gas, maka akan diubah lagi menjadi listrik. “Proyek ini sudah berjalan 50 persen, diharapkan tahun ini akan rampung,” tegasnya.

Kayu yang digunakan untuk proyek tenaga listrik biomassa berasal dari pohon lamtorogum dan akasia. Sebab, setelah diteliti, kedua pohon itu memiliki kandungan gas cukup besar. Selain itu, masa tanamnya tidak terlalu lama.

Proyek tenaga listrik biomassa dipusatkan di daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Di dalamnya, GE berperan untuk menyumbang teknologi, sementara PLN yang mengucurkan dananya.

“Untuk proyek ini, PLN sudah mengeluarkan dana sekitar US$4-5 juta (setara hingga Rp48 miliar). Nanti, hasil listriknya akan diolah dan didistribusikan oleh PLN,” ujar Setio.

Mengenai jumlah tenaga listrik yang dihasilkan dari proyek ini, Setio menjelaskan, saat ini proyek di Sumbawa sudah dapat menghasilkan sekitar 1 megawatt.

“Teknologi ini sangat cocok dikembangkan untuk daerah-daerah di pedesaan yang belum mendapat pasokan listrik,” jelasnya.

Dalam mengantisipasi habisnya sumber energi minyak, gas dan batubara, maka pemerintah wajib mendorong pembangunan pembangkit listrik dg energi terbarukan spt biomass yg berasal dari limbah tumbuhan, air, panas bumi, matahari dan sumber terbarukan lainnya

View the original article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: