Ini Materi Padat Paling Ringan di Dunia

VIVAnews – Peneliti China berhasil mengukir sejarah dengan menciptakan material padat teringan di dunia.

Materi itu dibuat dengan lembaran salah satu atom dan serat karbon, yang dikembangkan Profesor Gao Chao bersama koleganya di Laboratorium Sains dan rekayasa polimer Universitas Zhejiang, China.

Karbon aerogel, begitulah tim peneliti menamakan material istimewa itu. Aerogel sendiri selama ini dikenal sebagai zat yang berbasis silikon dan merupakan benda padat dengan tingkat kepadatan terendah di dunia.

Materi paling ringan ini memiliki kerapatan 0,16 miligram per kubik centimeter, atau sekitar seperenam kepadatan udara. Dengan demikian, materi ini mengalahkan materi paling ringan sebelumnya, yakni kisi logam dengan kerapatan 0,9 miligram per kubik centimeter.

Kedua material tersebut lebih ringan dibandingkan aerogel berbasis polimer badan antariksa AS (NASA), yang dikembangkan untuk melahirkan debu halus komet dalam studi para ilmuwan.

Guna membuktikan keringanan materi ini, tim ilmuwan menerbitkan gambar material itu sedang berdiri di atas benang sari Bunga Sakura, dan material ini terkesan melayang.

Mengutip laporan China Daily, di laman Popsci, 28 Maret 2013, ilmuwan mengatakan material ini belum rampung, masih dalam tahap pengembangan.

Di masa depan, Profesor Gao Chao mengatakan, para ilmuwan mempertimbangkan material paling ringan itu dapat dirancang untuk menyerap tumpahan minyak atau membersihkan polutan.

Pasalnya, jika bahan yang digunakan untuk menyerap minyak mampu menyerap hingga sepuluh kali, material baru itu diklaim mampu menyerap hingga 900 kali. “Material ini bisa menyerap 69 gram minyak dalam satu detik,” ucap Chao.

Di samping itu, para peneliti juga berencana membuat karbon aerogel dalam berbagai bentuk dan ukuran, misalnya seukuran botol sampai bola tenis. Karya peneliti di atas telah diterbitkan pada Jurnal Advanced edisi Februari. (umi)

View the original article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: