Bermain-main dengan Laser, Pria Ini Dibui 30 Bulan

VIVAnews – Seorang hakim di California telah mengirimkan pesan kuat bagi siapapun yang berpikir bahwa menembakkan laser ke pesawat adalah lucu dan tidak berbahaya.

Ialah Stephen V Wilson, seorang hakim distrik AS, yang menjatuhkan hukuman penjara selama 30 bulan pada Adam Gardenhire, pria berusia 19 tahun, di penjara federal.

Berdasarkan berita acara dari kantor Jaksa AS, Gardenhire dituntut atas kasus menembakkan laser ke pesawat dan helikopter polisi, seperti dilansir CNN, 26 Maret 2013, waktu setempat.

Dalam keterangan itu, sang terdakwa diketahui sengaja menunjukkan laser hijau komersil ke sebuah pesawat pribadi Cessna Citation yang sedang melakukan pendaratan di Burbank Bob Hope Airport, di California, 29 Maret 2012.

Gardenhire, yang berdomisili di North Hollywood-California kemudian ditangkap dan mengaku bersalah dalam insiden itu, sebagai bagian dari kesepakatan dengan jaksa pada bulan Oktober.

Ditembakkan ke Mata

Berdasarkan pengakuan sang pilot, laser itu “mendarat” persis di mata beberapa kali, yang menyebabkan gangguan pada penglihatannya. Dan, gangguan ini berlangsung hingga keesokan harinya.

Setelah itu, sebuah helikopter yang dikirim oleh Departemen Kepolisian Pasadena untuk menyelidiki insiden pilot itu pun juga menjadi korban laser. Untungnya, sang pilot memakai pelindung, sehingga tidak sampai menimbulkan gangguan penglihatan.

Dalam dokumen pengadilan, pengacara Gardenhire mengatakan, bahwa pelaku sama sekali tidak berniat untuk mencelakakan orang lain, alias murni karena iseng.

“Dia (Gardenhire) tidak tahu bahwa laser yang ia pinjam dari temannya memiliki daya tembak yang cukup kuat, bahkan bisa mengalihkan perhatian pilot dari jarak ribuan kaki,” ungkap pengacaranya, Sean Kennedy.

Berdasarkan catatan kantor Kejaksaan AS, Gardenhire adalah orang sipil kedua yang tersangkut hukum federal karena mengganggu pilot dengan laser. (eh)

View the original article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: