Kantor Paten AS Tolak Merek Dagang “iPad Mini”

VIVAnews – Raksasa teknologi dunia, Apple Inc., kembali terganjal problem merek dagang. Kali ini, nama salah satu produk tabletnya, iPad Mini, ditolak oleh kantor Dagang dan Paten Amerika Serikat.

Menurut stasiun berita BBC, 1 April 2013, otoritas paten itu menyebutkan pengajuan merek dagang iPad Mini Apple ditolak, karena nama merek tablet itu dipandang hanya berupa penggambaran saja dan tidak menciptakan sebuah arti yang khas dari sebuah produk tablet.

Keputusan kantor Paten itu tertuang dalam sebuah surat yang sudah diterbitkan pada Januari lalu meski baru muncul belakangan.

Dalam surat itu, kantor paten mengatakan “pengajuan merek hanya menggambarkan fitur atau karakteristik barang pemohon”.

Kantor paten memutuskan istilah “mini” dan “pad” dengan awalan “i” semuanya hanya penggambaran.

Kantor paten mempertanyakan iPad Mini, baik sebagai istilah individu maupun hasil gabungan, apakah menciptakan produk khusus, tidak pantas atau makna yang tidak deskriptif, dalam kaitan produk perangkat mobile genggam kecil termasuk tablet yang dapat memberikan akses internet.

Meski terganjal, Apple masih memiliki waktu sampai Juli nanti untuk meyakinkan Kantor Paten bahwa tablet yang lebih kecil itu cukup berbeda dari produk kembarannya, iPad.

Apple telah terlibat dalam serangkaian sengketa paten dengan kompetitor.

Tahun lalu, perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini pernah memenangkan kasus melawan Samsung dan mengharuskan perusahaan asal Korea Selatan itu membayar US$ 1 miliar, setara Rp 9,7 trilyun kepada Apple.

Tapi bulan ini, seorang hakim di Amerika Serkat memerintahkan denda tersebut dipotong sebesar 40 persen dan menetapkan sidang baru untuk menilai tingkat kerugian tersebut.

Pemberian kerugian itu merupakan yang terbesar dalam serangkaian sengketa paten global yang melibatkan dua perusahaan.

Pada kuartal terakhir tahun lalu sampai Januari tahun ini, Apple mengaku telah mencetal rekor, dengan menjual 22,9 juta unit iPad dan iPad Mini. (ren)

View the original article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: