10 Kawah Meteor Terbesar di Bumi (I)

VIVAnews – Kendati Asteroid 2012 DA14 nyaris “mencumbu” Bumi pada Februari silam, batu angkasa yang berlari liar di alam semesta itu bukan tidak pernah menyambangi Bumi.

Bahkan, kalau dipaparkan, asteroid dan Bumi boleh dibilang cukup akrab, mempunyai sejarah panjang. Tidak percaya?

Asteroid bernama 2012 DA14 memang menoreh rekor baru sebagai asteroid yang terbang terdekat ke Bumi dalam catatan sejarah. Tapi, bukan berarti asteroid tidak pernah sampai ke daratan. Seperti manusia, nasib Bumi pun tidak selamanya mujur.

Kawah-kawah di Bumi menjadi wasiat abadi bahwa asteroid pernah “mampir.” Namun, setelah jutaan tahun, bahkan mungkin miliaran, bentuk kawah tersebut berubah karena erosi, yang membuat manusia sulit untuk memperkirakan besar meteroit secara persis.

Ada konsensus ilmiah umum terkait kawah terbesar di dunia, yang menjadi jejak asteroid. Berikut sepuluh di antaranya, yang dirangkum oleh National Geographic:

1. Kawah Vredefort

travel-visit-places.com/wp-content/uploads/image/Vredefort%20crater/vredefort-crater.jpg” alt=”” width=”501″ height=”339″ />

Tanggal peristiwa asteroid: 2 miliar tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Free State, Afrika Selatan
Spesifikasi: Juga dikenal dengan sebutan Dome Vredefort, kawah Vredefort memiliki jari-jari diperkirakan 118 mil, setara 190 kilometer, membuat struktur kawah ini sebagai dampak terbesar asteroid yang populer di dunia. Kawah ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.

2. Sudbury Basin

Tanggal peristiwa asteroid: 1,8 miliar tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Ontario, Kanada
Spesifikasi: The Basin Sudbury dianggap sebagai salah satu struktur dampak Asteroid terbesar di Bumi, dengan diameter diperkirakan 81 mil (130 kilometer). Mengingat usianya 1,8 miliar tahun yang lalu, struktur ini juga dikenal sebagai salah satu struktur tertua di dunia.

3. Kawah Acraman

Tanggal peristiwa asteroid: 580 juta tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Australia Selatan, Australia
Spesifikasi: Terletak di lokasi yang sekarang dikenal sebagai Danau Acraman. Struktur dampak asteroid berdiameter kurang lebih 56 mil (90 kilometer).

4. Kawah Woodleigh

Tanggal peristiwa asteroid: 364 juta tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Australia Barat, Australia
Spesifikasi: Kawah ini tidak tersingkap di permukaan dan telah menyebabkan banyak perbedaan mengenai ukuran sebenarnya. Laporan diameter bervariasi 25-75 mil (40 sampai 120 kilometer).

5. Kawah Manicouagan

Tanggal peristiwa asteroid: 215 juta tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Quebec, Kanada
Spesifikasi: Sekarang kawah ini berbentuk danau Manicouagan. Meski terkena dampak erosi, kawah ini dianggap sebagai salah satu kawah terbesar dan paling awet di Bumi. Berdiameter sekitar 62 mil (100 kilometer). (eh)

View the original article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: