Nokia Tekankan Aplikasi Lokal yang Bernilai Tambah

VIVAnews – Nokia terus mendorong para pengembang untuk meningkatkan kualitas aplikasi lokal. Raksasa ponsel asal Finlandia itu menegaskan hanya fokus pada produk-produk aplikasi yang punya nilai tambah ketimbang sekadar membuat aplikasi baru.

“Yang dimaksud dengan produk adalah aplikasi yang punya nilai, mampu mendorong orang untuk mengunduh dan mau membelinya,” kata Narendra Wicaksono, Developer Manager of Ecosystem and Developer Experience Nokia Indonesia di Jakarta, Rabu 3 April 2013.

Kalau sekadar buat aplikasi, menurutnya, intinya cuma menyediakan konten digital yang belum tentu bisa memberikan nilai, apalagi menghasilkan pendapatan bagi pengembangnya.

Jumlah aplikasi yang banyak dalam sebuah pusat aplikasi, Narenda mengatakan, tak ada artinya jika aplikasi di dalamnya tidak dapat dipakai, pengalaman pengguna lebih penting.

“Untuk itu, bagi kami, buat apa banyak aplikasi tapi nggak bisa dipakai,” ujarnya.

Nokia pun sudah membangun ekosistem yang bisa mengakomodir konten aplikasi besutan para pengembang supaya laku di pasar.

“Infrastruktur kami sudah mendukung. Untuk pembayaran, kami sudah memperkenalkan sistem potong pulsa juga In App Purchase,” ujarnya.

In App Purchase merupakan pembayaran aplikasi tambahan tertentu dalam sebuah game.

Di luar itu, Nokia juga memfasilitasi para pengembang melalui berbagai forum, di antaranya Nokia VIP Developer, Nokia Premium Developer, dan Nokia Developer Competition.

“Dari jumlah total 120.000 aplikasi di Nokia Store, sekitar 5.600 merupakan aplikasi besutan pengembang asal Indonesia,” kata Narendra. (ren)

View the original article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: