Ciptakan Browser Super, Samsung Gandeng Mozilla

VIVAnews – Samsung memulai gebrakan baru. Bersama Mozilla, vendor teknologi Korea Selatan ini mengembangkan mesin browser Web baru yang disebut Servo.

Mesin browser baru ini bertujuan untuk membawa teknologi terbaik dalam browser dengan mengadopsi arsitektur komputasi multi-core yang lebih cepat dan masif.

Menurut The Next Web, 4 April 2013, Servo ditujukan untuk perangkat berbasis ARM dan sistem operasi Android. Mozilla menjelaskan, pengembangan Servo merupakan upaya untuk membangun kembali browser Web dari level bawah menuju level teratas pada perangkat modern.

Servo dibangun menggunakan bahasa pemrograman Mozilla, Rust. Meski secara teknis telah dibangun selama bertahun-tahun, perusahaan masih belum cukup yakin untuk menyebutnya stabil.

Dalam blog resminya, Mozilla menjelaskan bahwa Rust membawa konsep efisiensi tingkat tinggi dan menawarkan kontrol yang lebih presisi pada sumber daya perangkat keras.

“Tapi, ini juga meminimalisir kesalahan manajemen memori yang dapat menyebabkan crash dan kerentanan keamanan,” tulis Mozilla.

Rust juga dilengkapi fitur pemprograman ringan yang memudahkan programmer memanfaatkan kekuatan dari core CPU, yang tersedia pada platform komputasi saat ini maupun di masa mendatang.

Tercepat

Sampai saat ini, kedua perusahaan belum memberikan keterangan detail kapan waktu rilis Servo. Mozilla dan Samsung masih fokus untuk menyempurnakan revisi Rust versi pertama hingga tahun mendatang.

Dengan bantuan dari Samsung, Mozilla membawa kedua bahasa pemrograman Rust serta Servo untuk Android dan ARM.

Jika rampung dan berhasil, bukan tak mungkin Servo akan menjadi browser tercepat untuk seluruh perangkat mobile di masa depan, mulai dari ponsel sampai komputer tablet. (ren)

View the original article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: